#54 Review: A'PIEU - Air Fit Cushion SPF 50+/PA+++ No.21

Pasti kalian udah nggak asing lagi dengan istilah "cushion" kan? Cushion sebenernya seperti BB cream / Foundation biasa yang diserap ke dalam cushion dan dikemas dan dipakai dengan konsep mirip seperti compact powder. Sebenarnya aku bukan fans cushion, sama sekali nggak penasaran buat nyobain karena aku rasa hasilnya akan sama saja dengan memakai foundation dan BB cream menggunakan beauty blender atau sponge. Tapi yaaahhh, akhirnya sekarang tergoda juga buat nyobain cushion dari A'PIEU yang ternyata adalah sister brandnya Missha, which I know as one of good cosmetic brand from Korea.

Sebenernya aku juga kurang suka sama dewy effect yang dihasilkan oleh BB cream, terutama dari brand Korea, karena rasanya mengkilap banget. Mungkin karena biasanya produk mereka mengandung SPF tinggi yang pastinya bakal kelihatan lebih berminyak ditambah lagi dengan shade yang terang. Tapi dibilang kurang suka juga gimana ya, kadang kepengen banget pake make-up dewy effect gitu apalagi kalo lagi nonton acara-acara Korea kayak Get It Beauty, Tasty Road, The Body Show, liat muka MCnya mulus-mulus licin banget. Tapi sayang, Pekanbaru panasnya nggak mengijinkan buat dewy make-up, jatohnya kelihatan kayak ladang minyak. Emang ribet gini anaknya, maklumin aja ya. Dan akhirnya aku dapet pencerahan saat blog walking, dan akhirnya aku ketemu dengan si Air Fit Cushion ini. Setelah baca, baca, dan baca beberapa review tentang plus-minus produk ini, dan juga karena harganya cukup murah, so yeah he he, jangan lewatin kesempatan emas dong. Siapa tau ntar harganya naik mendadak malah jadi sakit hati, ya nggak?
Dan akhirnya aku memilih Air Fit Cushion SPF 50+ / PA +++ dengan shade No.21.



A'PIEU sering berkolaborasi dengan berbagai karakter lucu sama seperti Missha. Untuk cushion ini sendiri A'PIEU sudah mengeluarkan versi Garfield, Doraemon dan Doraemon Christmas Season. Sebenernya, aku kepengen punya yang Garfield, tapi karena itu udah nggak keluar lagi dan mulai susah dicari jadi ya aku memutuskan untuk beli yang versi originalnya aja. Soalnya aku kurang suka sama yang versi Doraemon. I wish they gonna make a colaboration with Jack Skellington from Tim Burton soon, hehehe. 

PACKAGING
Foto dus kotaknya seperti yang bisa dilihat di gambar atas tadi, warnya light blue metalic. Sederhana dan simple, tapi aku suka karena kelihatan classy banget.
Tulisan di belakang box semuanya bahasa Korea, hanya ada beberapa description aja yang ditulis dalam Bahasa Inggris.


Dan ini penampakan si cushionnya sendiri. Aku suka banget sama packagingnya. Warna biru muda metalic dan tutup atasnya itu mirrorable dan kelihatan mewah banget. I love blueee. Aku sampe susah banget ngambil fotonya biar muka aku gak kepantul di bagian atasnya.
Dari segi packaging kalo dibandingin sama harganya, bener deh, ini nggak ada kelihatan murah-murahnya sama sekali. Packagingnya memang lebih kecil kalau dibandingkan dengan cushion lain, soalnya cushion lain biasanya berisi 15g, tapi si A'PIEU Air Fit ini cuma 13,5g.


Seperti cushion lain, A'PIEU Air Fit ini bisa di refill, tapi harus pakai merk A'PIEU juga. Soalnya karena ukurannya yang sedikit lebih kecil nggak memungkinkan untuk di refill pakai cushion dari brand lain.


APLLICATOR
Aplikatornya sama seperti kebanyakan cushion lain berupa air puff. Air puffnya ini lembut dan bouncy gitu, jadi enak banget waktu diaplikasiin di muka. Kalau pakai cushion, puff-nya ini di tepuk-tepukin dulu ke kulit, setelah si foundationnya nemplok (?) di muka, baru agak di sweep buat ngeratainnya. Jadi gak bisa langsung diusepin gitu aja puff-nya. Soalnya foundation yang ditekan dari si cushion itu tadi sebagian akan menyerap ke dalam si air puff-nya ini.



SHADE/COLOR
Aku pilih shade No.21 karena biasanya kalau beli produk Korea aku nggak berani ambil shade yang paling terang.


Shade-nya ada tiga warna, No. 13, 21, dan 23 yang ternyataaaaaaaa... shade-nya si A'PIEU ini itu lebih terang daripada Etude House dan brand Korea lainnya. So yaaah, aku salah pilih shade deh kayaknya.
Sebenarnya warnanya nggak lari dari kenyataan banget, tapi sialnya, my skin is getting tan right now. Memang lagi banyak aktifitas di bawah matahari, dan yah, seharusya aku ambil shade terakhir aja yaitu No.23 buat cari aman.
I CRI


Jadi buat kalian yang kulitnya nggak putih-putih banget, yellow undertone, don't make a same mistake like I did. Jadi ini sebenernya kesel terbagi dua. Antara kesel karena salah beli shade atau kesel karena kulit menggelap dan belang kebanyakan di bawah matahari. Haisshhh.


Aku coba olesin ke tangan bagian dalem.


Dan setelah diblend, ajaibnya, aku sendiri malah nggak tahu dimana si foundation ini tadi. Bener-bener ngeblend, padahal dari gambar di atas udah kelihatan jelas banget kalau warnanya terlalu terang di kulitku. Aku bahkan ngarahin tanganku ke jendela, biar kesorot cahaya matahari buat tahu dimana si foundation ini ngeblend. OMG, I scream. Yang tadinya udah sempet pasrah liat warnanya yang terlalu cerah ternyata bisa nge-blend sebaik ini. Shade-nya ternyata termasuk neutral karena dia sedikit pinkish tapi juga yellowish. Dan yang aku suka, foundationnya ini nggak oxidize setelah dipakai lama, jadi dia nggak ngebuat wajah terkesan dull atau grayish.


CONTAINS / INGREDIENTS / DESCRIPTIONS

TEXTURE
Teksturnya bener-bener smooth banget dan watery. Jadi pakainya ga perlu banyak-bayak buat cover semuka. Cushion ini nggak berat sama sekali, apalagi kalau kita aplikasikan tipis, rasanya kayak nggak pake apa-apa. Rolling Gel System-nya ngebuat foundation ini merata kesemua lekukan wajah, jadi nggak terlihat cakey ataupun crack. Cushion ini moist banget, jadi kulit terasa lebih lembab dan halus kaya baru pakai moisturaizer.

YAY OR NAY FOR OILY SKIN TYPE CONDITION
Kalau oily skin harus tetep pakai primmer yang bisa control minyak di wajah dulu. Memang produk ini enggak berminyak banget seperti cushion lain, tapi efek dewynya tetap akan kelihatan lebih mencolok di bagian kulit yang berminyak. Karena kulitku kombinasi, aku perhatiin di bagian pipi yang tidak berminyak hasilnya baguuussss banget. Jadi dia nggak dewy sampe kelihatan oily gitu, tapi lebih ke satin finish dan silky. Apalagi kalau kamu pakainya di dalam ruangan, kena cahaya lampu, efek glowingnya jadi lebih bagus.
Kalau di siang hari biasanya aku pakai bedak tabur lagi supaya nggak terlalu glowing.

BREAKOUT TEST
Ini nih, kalau punya kulit sensitif. Mau beli apa-apa pendalaman dan pencariannya di google harus banyak-banyak. Sayang banget kalo baru beli ternyata buat breakout parah. APALAGI, cushion ini datang di saat aku baru aja sembuhin breakout parah di pipi dan jidat, Ya, agak was-was juga waktu nyobainnya.
Minggu lalu aku pakai cushion ini dari siang sampe malem. Tadinya udah agak khawatir pakai make-up lama-lama takut besoknya suka muncul komedo kecil-kecil gitu di kening dan di dekat hidung. Kalau nggak cocok malah bisa langsung mucul jerawat besok paginya.
And I amazed, cushion ini nggak buat aku breakout dan komedoan sama sekali. Dari ingredients-nya juga udah bisa dilihat kalau produk ini didesain buat yang punya kulit sensitif.
Gimana nggak jatuh cinta coba?

COVERAGE
Coveragenya medium tapi bisa dibilang ajaib untuk sekelas cushion. Dan ini buildable coverage, tinggal di apply berkali-kali di daerah yang butuh coverage lebih. Tapi aku lebih suka pake concealer biasa buat nutupin noda daripada harus pakai cushion ini lebih tebal.
Aku coba pakai cushion ini tanpa primer, moisturaizer, ataupun sun screen, ternyata hasilnya termasuk smooth untuk daerah pori-pori yang agak gede. Kalau pakai primer + concealer + powder bakalan lebih kece lagi,



OVERALL
I looovvveeeeee it.
Udah itu aja no comment lagi deh pokoknya.

REPURCHASE
Of course, dengan shade No.23

PROS
-Packagingnya kelihatan mewah
-Moist
-Decent coverage
-Affordable price
-Good quality air puff
-Nggak buat cakey atau crack
-Suitable for sensitive skin
-Silky and satin finish
-Has SPF 50+ and PA+++ protection for UV A and UV B
-Nggak buat breakout

CONS
-Kalau tidak suka dewy finish lebih baik dipakai di malam hari saja atau di dalam ruangan
-Shadenya lebih terang dari produk Korea lain, jadi harus hati-hati pilih shade
-Susah di dapat di Indonesia, even di Korea pun katanya store si A'pieu ini tidak sebanyak dan semudah menemukan store Etude, Face Shop, dll.

Last but not least, izinkan saya untuk menyalurkan kenarsisan yaa...








With Love,
XOXO


Share:

25 comments

  1. hihi baca ini kayak baca iklan soalnya positif banget reviewnya.. tapi keren banget beneran itu tone wajah jadi rata! oh iya, aku adhel dari sociolla blogger^^ minf to followback?:)

    www.blackxugar.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya nih, aku juga jadi penasaran karena baca review org barat & asia pada bilang ini bagus, rata-rata cuma bermasalah di shadenya aja. Aku follow blognya yaa ^^

      Delete
  2. Penasaran ama produk-produk cushion karena kelihatannya praktis banget, yaaa. Tapi pilihan shadenya bikin ragu huhuhu. Kalo yang ini sepertinya ngeblend banget, ya.. btw salam kenal, aku Uti dari Sociolla Blogger hehe :)

    http://magellanictivity.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan praktis kalo dibandingin pake BB cream atau foundie pake jari atau brush gitu, hehe. Iya nih, aku juga gak tau kalo shade-nya terang gitu. Kirain mirip kayak EH shade-nya. Huhuhu :( Aku follow blognya ya, Uti... :)

      Delete
    2. Hahahah iyaaa tapi kayaknya Lenaige ada warna2 gelap deh. Tapi harganyaaa huhuhuh x( Yayy thanks, Angel! Aku udah follow juga, yah! :D

      Delete
  3. Waduhh baru mau beli tapi bingung milih shade yg mana antara 21 dan 23
    Ravitamala.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau skintone kita yellowish dan gak sebening orang Korea kayaknya better pilih shade 23 aja, biar lebih aman. Hehehe.

      Delete
  4. Aku baru order shade no 23 nh sis, di elevania. Semoga hasilnya memuaskan ya sis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh, udah beli yaa.. Aku juga ada beli cushion baru, dan langsung ambil yang no.23. Warnanya lebih masuk di kulitku. Hehehe, kalo beli produk Korea milih warnanya emang agak tricky. Soalnya pilihannya rata2 cuma 2-4 warna dan tone-nya suka kecerahan gitu di kulitku. :)

      Delete
    2. Sis, mau tanya itu belinya dimana ya sis?

      Delete
    3. Halo Rahayu, dulu aku belinya di IG @zhezhehouse ^^

      Delete
  5. Hai Angel, mau tanya kira-kira cushion ini klo ga pake primer kira2 tahan brp lama ya di outdoor?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Michelle, selama pakai cushion ini aku jarang pakai primer dan di outdoor cuma tahan sekitar 3-4 jam soalnya kulitku kombinasi, jadi di T-zone lebih cepet luntur :)

      Delete
  6. hai... salam kenal...
    Barusan aku order cushion merek ini di Qoo10, dan tebak harganya berapa... cuma 99rb aja sis. Udh gitu dapet bonus Delight Liptint-nya Tonymoly lagi. Fak banget gak tuh... Cushion ini doang aja harganya 132rb, Liptint-nya 75rb. Gak bayar ongkir krn aku punya Qpoint yg ditukar sma Qmoney (mata uang yg dipake di Qoo10, 100 point= Rp 10rb) jdi jatoh2nya aku cma bayar 100rb-an buat barang seharga 300rb-an. Awalnya beli karena khilaf sih, soalnya pengen banget punya cushion tapi duit lgi cekak. Pas liat ada time sale gila2an di Qoo10 langsung deh beli gak pake pikir panjang. Tadinya sempet ragu buat beli tapi setelah baca review kmu aku jdi makin yakin deh, apalagi aku ngerasa kita bedua memiliki kesamaan dlm hal jenis kulit yg sma2 berminyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, asik banget yaa lagi ada promo gede gitu. Semoga cocok ya sama cushionnya. Oh iya, kulitku tidak berminyak semuanya, tp hanya dibagian T-zone saja. Terimakasih sudah baca review ku.. :)

      Delete
  7. Ini tahan berapa jam kira2 say tanpa bedak???
    terus kalo waterproof gak? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk ketahanannya tergantung jenis kulit ya... Kalau kulit berminyak, sekitar 3-4 jam mulai luntur, apalagi kalo punya kebiasaan lap-lap muka pake tissue kayak aku. Tapi kalo untuk kulit kering bisa tahan lebih lama. Ini gak waterproof say, apalagi kalo ga di-setting sama bedak.

      Delete
  8. kak, kulit aku itu kyk MAC NC20. Sekarang ini aku pakai Etude Cotton Fit yang shade light beige (N02). Ga kelihatan terlalu putih sih, tapi terlalu pinkish gitu, padahal kulit aku yellowish skin tone. Jadi muka sama tangan kelihatan beda :( Menurut kakak aku lbh cocok a'pieu yang shade 21 atau 23 ya? Tolong bantuannya ya kak, masih baru belajar makeup :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau ngelihat shade yang cocok biasanya aku cari banyak2 review dari blog orang maupun youtube, aku perhatiin warna kulit blogger dan vloggernya yang mana yang mendekati warna kulit aku, trus perhatiin shade yang mereka pakai bener-bener cocok apa nggak. Mungkin kamu bisa coba yang 21.

      Delete
  9. Kalau di ruangan ber-ac, kira2 tahan berapa lama ya kak ? Hehe mohon di jawab.
    Makasih ❤

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung jenis kulitnya, soalnya aku kalau di ruangan ber-AC juga idungnya gampang minyakan, di elap pake tissue lgsg transfer. :( :(

      Delete
  10. Hai kak, aku mau nanya nih. Aku bru mau beli ini karena aku lgi nyari cushion yg bagus dn murah eh nemu ini, tp aku bingung ngambil nomer 21 atau 23. Kulit aku dibilang gelap atau hitam juga engga, tapi kusam. Jdi tone kulit wajah dn badan aku kuning, tp bagian muka aku sering kena sinar matahari dn aku pake jilbab jdi muka aku kusam. Kalo pake no 21 kecerahan gak yam

    ReplyDelete
  11. kak beli dimana sih yang ori nya?

    ReplyDelete